FORM REGISTRASI

Hubungi Kami

Pendaftaran telah berhasil. Silakan periksa email Anda untuk informasi lebih lanjut.

Please Wait...

Kata Sambutan
Ketua Panitia Pelaksana Simposium Nasional
Ketua IDAI Cabang Kalimantan Timur

Para Guru Besar, Senior dan Teman Sejawat yang saya hormati,

Pembangunan kesehatan merupakan salah satu program prioritas pemerintah. Pembangunan kesehatan yang menjadi perhatian kita saat ini adalah kesehatan anak. Anak merupakan generasi penerus yang memegang peranan penting di masa mendatang. Demi masa depan bangsa yang gemilang, perlu dukungan dari berbagai pihak untuk melindungi dan mengawal pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal karena masalah kesehatan anak merupakan tanggung jawab bersama. Tumbuh kembang anak yang optimal diharapkan dapat menghasilkan generasi penerus yang sehat dan kuat.

Masa anak-anak dimulai dari periode neonatal yang terdiri atas 28 hari pertama kehidupan. Periode neonatal merupakan periode terpenting masa bayi dan anak-anak karena selama waktu tersebut terdapat mortalitas paling tinggi. Semenjak masa janin, kesehatan anak didapatkan melalui nutrisi dari ibu, nutrisi ini akan menjadi bekal yang penting untuk tumbuh kembang seorang anak. Dalam hal pertumbuhan dan perkembangan banyak faktor yang dapat mempengaruhinya, selain faktor internal (genetik), tumbuh kembang seorang anak juga dipengaruhi oleh faktor nutrisi, penyakit kronis/ kelainan kongenital, gangguan endokrin, faktor lingkungan, maupun sosial ekonomi. Pemberian nutrisi yang optimal sejak masa neonatal akan menjadi penentu awal dari kesehatan seorang anak. Pertumbuhan yang baik diharapkan akan seiring berjalan dengan peningkatan perkembangan anak yang baik. Penerimaan awal nutrisi dengan kualitas dan kuantitas yang optimal, pendeteksian dini terhadap kelainan/gangguan endokrin yang dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembang seorang anak akan meningkatkan kualitas hidup anak. Melihat dari pentingnya peran pemberian nutrisi optimal sejak awal kehidupan, pendeteksian dini terhadap kelainan gangguan pertumbuhan selanjutnya akan menentukan perkembangan hingga perilaku seorang anak.

Ikatan Dokter Anak Indonesia sebagai salah satu organisasi profesi mempunyai peran penting dalam pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) tahun 2030. Upaya pencapaian untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan kesehatan anak salah satunya dengan meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan dokter spesialis anak dan dokter umum. Salah satu bentuk kegiatan peningkatan keilmuan dan keterampilan adalah melalui penyelenggaraan Simposium Nasional (SINAS) yang mengacu pada permasalahan terkini. IDAI Cabang Kalimantan Timur bersama PP IDAI dan UKK Tumbuh Kembang Pediatri Sosial, UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik, UKK Neonatologi serta UKK Endokrinologi akan mengadakan Simposium Nasional dengan tema “Improving Children’s Health for the Better Future”. Harapan kami kegiatan ini dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pelayanan dalam memberikan pelayanan kesehatan anak.

Hormat Saya,
dr. Diane Meytha Supit, Sp.A(K)